Minggu, 19 November 2017

Headlines:
You are here: TIRTA PDAM Tirtaraharja Subsidi Pemasangan Instalasi

PDAM Tirtaraharja Subsidi Pemasangan Instalasi

546 readings
Surel Cetak PDF

PDAM Tirtaraharja

ANTRIDONG.COM - BANDUNG: Guna meningkatkan jumlah pelanggan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtaraharja Kabupaten Bandung akan memberikan subsidi pemasangan instalasi air bersih bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Ditargetkan, pemasangan instalasi air bersih tersebut dapat menjangkau sekitar 40.000 pelanggan.

“Kami akan memberikan subsidi biaya pemasangan instalasi dan pipanisasinya. Dengan begitu, masyarakat berpenghasilan rendah pun akan dapat mengakses pelayanan air bersih yang kami sediakan,” kata Direktur Utama PDAM Tirtaraharja Rudi Kusmayadi kepada INILAH.COM, Kamis (26/4).

Rudi menjelaskan, program tersebut bisa dilaksanakan berkat batuan dari Pemerintah Australia melalui program Indonesian Water Sanitation and Insfrastruktur. Bantuan tersebut masuk melakui Kantor Kementerian Pekerjaan Umum, yang kemudian ditawarkan kepada PDAM Tirtaraharja.

“Beberapa waktu lalu, kami memang menerima surat tawaran dari Kementerian PU, Pak Bupati juga telah membalas surat tersebut. Intinya, kami siap melaksanakan program tersebut. Saat ini prosesnya tinggal menunggu persetujuan dari Kementerian PU,” terangnya.

Rudi mengemukakan, 40.000 pelanggan yang jadi targetnya tersebar di wilayah kerja PDAM yang meliputi Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi. Dia berharap, program tersebut sudah mulai bisa dilaksanakan pada pertengahan tahun ini.

Menurut Rudi, subsidi yang diberikan adalah dalam bentuk pemasangan instalasi dan pipanisasi. Di mana, setiap satu unit sambungan Rp2 juta untuk pelanggan dengan jumlah 1.000 rumah. Sedangkan untuk 3.000- 4.000 pelanggan, biaya subsidinya mencapai Rp3 juta per unit instalasi.

“Jika membayar normal (tanpa subsidi) setiap satu unit instalasi PDAM biayanya lebih dari Rp1 juta. Jumlah tersebut, belum termasuk biaya pemasangan pipa distribusi dan lain sebagainya,” ucapnya.(in/kim)

 




Berita Terkait: