Rabu, 20 Juni 2018

Headlines:
You are here: TIRTA Gedung-gedung di Jakarta Akan Dipaksa Kelola Air Olahan

Gedung-gedung di Jakarta Akan Dipaksa Kelola Air Olahan

262 readings
Surel Cetak PDF

Guru

ANTRIDONG.COM - JAKARTA - Dinas Tata Ruang DKI sebenarnya sudah memikirkan beberapa alternatif untuk mengatasi krisis air di Jakarta bila ada tanggul yang jebol seperti yang terjadi pada minggu lalu. Salah satunya adalah memaksa gedung-gedung bertingkat di Jakarta untuk mengolah kembali air yang telah dipakainya untuk dikonsumsi kembali.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Tata Ruang DKI Wiryatmoko, yang menjelaskan pihaknya sebenarnya sudah memikirkan beberapa alternatif cadangan sumber air baku. Mulai dari memanfaatkan Banjir Kanal Timur dan Banjir Kanal Barat yang terkoneksi, pembangunan waduk besar di Bogor yang juga berfungsi sebagai pengendali banjir, sampai pemanfaatan waduk yang ada hingga pengolahan air laut sebagai sumber air baku cadangan.

"Saat ini yang paling realistis untuk cepat dilaksanakan adalah menerapkan pola air recycle dan reduce oleh gedung-gedung bertingkat. Pengelola gedung-gedung tinggi di Jakarta akan kami minta untuk mengolah air dengan bijaksana," ujar Wiriyatmoko, Selasa (6/9/2011).

Dikatakannya, sistem air recycle ini adalah memanfaatkan kembali air yang telah dipakai setelah diolah kembali terlebih dulu. Menurutnya ada tiga jenis air untuk diolah, yakni air kotor yang diolah untuk keperluan seperti menyiram tanaman dan menyiram WC, air setengah bersih untuk keperluan mencuci dan bukan untuk dikonsumsi, serta air bersih untuk dikonsumsi. (tri/gun)

 




Berita Terkait: