Senin, 18 Desember 2017

Headlines:
You are here: Sorot

SOROT

Layanan Publik: What Can I Do For You?

Surel Cetak PDF

Iftida Yasar

Ada kalimat dalam sebuah iklan yang sangat tepat menggambarkan bagaimana buruknya pelayanan publik dinegeri ini. “Jika bisa dibuat susah, kenapa harus dibuat gampang?. Bukankah mereka seharusnya sebagai pelayan masyarakat yang dibayar dengan uang yang berasal dari pajak rakyat memebrikan pelayanan yang mengacu kepada kepentingan masyarakat.

Selengkapnya...

Pelajaran dari Universitas Indonesia

Surel Cetak PDF

Gonjang-ganjing masalah tata kelola Universitas Indonesia akhirnya sampai ke Senayan juga. Pada 7 September sejumlah dosen, anggota Badan Eksekutif Mahasiswa, dan alumni UI melakukan dengar pendapat dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat mengenai persoalan tata kelola di UI yang dirasakan tidak transparan serta tidak akuntabel.

Selengkapnya...

Menyoal Kulitas Pelayanan Publik

Surel Cetak PDF

Pada awal Februari 2009, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memublikasikan temuan mereka mengenai kualitas pelayanan publik di pelbagai kota di Indonesia. Hasil temuan KPK, integritas dan kualitas layanan menempatkan Kota Bandung sebagai kota nomor dua terendah dari 52 kota yang diteliti, dengan pencapaian skor 5,07. Permasalahan kualitas layanan publik di Kota Bandung dan juga banyak kota di negeri ini, merupakan realitas kontraproduktif dengan reformasi birokrasi. Bukan saja menggambarkan kecenderungan "pelayanan minimalis", tetapi merepresentasikan lemahnya pemahaman pejabat publik akan hakikat pekerjaan mereka.

Selengkapnya...

Anomali Pelayanan Publik

Surel Cetak PDF

Sony Erickson

Kesalahan kita dalam memilih pemimpin adalah apabila kita memilih pemimpin yang tidak menjadikan harapan publik juga sebagai harapan dirinya. Tak heran, bila di kemudian hari muncul kekecewaan eleman-elemen publik setelah diketahui bahwa pemimpin yang telah dipilihnya itu ternyata hanya mewujudkan harapan pribadi dan kelompoknya. Karena kebijakan yang dilahirkan dan dikejawantahkan dalam pelayanan publik hanya tersedia pelayanan anomali.

Selengkapnya...