Senin, 18 Desember 2017

Headlines:
You are here: PIJAR PLN Pasok Listrik 300 MW untuk Industri Nikel

PLN Pasok Listrik 300 MW untuk Industri Nikel

557 readings
Surel Cetak PDF

Gedung PLN

ANTRIDONG.COM - JAKARTA;  PT PLN (Persero) akan memasok listrik sebesar 300 MW memenuhi kebutuhan energi untuk operasional smelter industri nikel milik PT Bumi Modern Sejahtera (BMS) yang berlokasi di Sulawesi dan Jawa Timur.


Hal ini tertuang dalam nota kesepahaman antara PLN dengan PT MBS yang ditandatangani Direktur Utama PLN Nur Pamudji dengan Dirut PT BMS David Honoris, Jumat (20/4/2012) di PLN Kantor Pusat, Jakarta.

Direktur Utama PLN Nur Pamudji mengatakan, kesepakatan ini merupakan langkah penting dan merupakan komitmen PLN untuk mendukung policy pemerintah hasil bahwa mineral tidak boleh lagi diekspor dalam bentuk mentah.

“PLN mengontak beberapa produsen mineral yang menawarkan fasilitas smelter di Indonesia. Kebanyakan persoalannya adalah persoalan listrik, karena PLN berbisnis di bidang listrik maka PLN harus menyambut policy pemerintah tersebut dengan menyediakan listrik yang cukup besar,” jelas Nur Pamudji.

Ditegaskan, PLN mendukung industri yang mengembangkan smelter di Jawa, di lokasi manapun terutama Jepara atau Rembang karena listrik tersedia cukup di daerah itu.

Nur Pamudji melanjutkan listrik untuk smelter didesain berbeda dengan listrik untuk pabrik biasa. “Nanti kita akan menjelaskan persyaratan teknis yang harus dipenuhi jangan sampai smelter  ini menimbulkan distorsi pasokan listrik di sekitarnya. Untuk hal seperti itu standar internasional sudah ada dan praktenya sudah dilakukan,” Nur Pamudji menjelaskan.

Dijelaskan, pihak PLN dan BMS juga akan terlebih dahulu melakukan pembicaraan business to business untuk menentukan besaran tarif khusus yang nantinya akan dikenakan dalam transaksi jual beli listrik tersebut. (tri/kim)

 




Berita Terkait: