Selasa, 23 Oktober 2018

Headlines:
You are here: PEMILUKADA Lolosnya Independen, Sejarah Baru Demokrasi DKI

Lolosnya Independen, Sejarah Baru Demokrasi DKI

254 readings
Surel Cetak PDF

Calon Independen

ANTRIDONG.COM - JAKARTA: Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012 ini menawarkan sesuatu yang baru. Selain jumlah calon yang tidak hanya dua pasang, kali ini Jakarta memiliki calon yang berasal dari jalur independen atau perseorangan.



Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta, Jamaluddin F Hasyim, mengatakan, dua pasang calon dari jalur independen, yakni Faisal Basri-Biem Benjamin dan Hendardji Soepandji-Ahmad Riza Patria dinyatakan memenuhi syarat.

"Keduanya lolos. Syarat dukungannya juga sesuai dengan batas minimal yang ditentukan," kata Jamaluddin, di Kantor KPU Provinsi DKI, Jumat (11/5/2012).

Berdasarkan verifikasi administrasi dan faktual yang telah dilakukan oleh KPU Provinsi DKI, pasangan Faisal Basri-Biem Benjamin berhasil lolos ke tahap selanjutnya dengan jumlah dukungan 487.150. Sementara pasangan Hendardji Soepandji-Ahmad Riza Patria juga lolos dengan jumlah dukungan 419.416.

"Ini suatu yang baru di Jakarta. Karena pada lima tahun lalu tidak ada calon dari independen," ujar Jamaluddin.

Dijumpai pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Sukses Hendardji Soepandji-Ahmad Riza Patria, Adyaksa Dauld, mengatakan, lolosnya calon independen ini merupakan sejarah baru di Jakarta.

"Kami optimis. Kalau ini berhasil, bisa juga berpengaruh ke nasional. Ini sejarah di Jakarta karena independen berhasil lolos," kata Adyaksa.

Koordinator Hukum dan Advokasi Faisal Basri-Biem Benjamin, Reinhardt Parapat, mengaku senang dengan hasil kali ini. Karena ini merupakan geliat demokrasi baru untuk Jakarta.

"Independen ini suatu yang baru di Jakarta. Di daerah lain sudah berhasil. Dengan hasil ini, memacu kami untuk terus berkontribusi membangun Jakarta," ungkap Reinhardt.

Seperti diberitakan sebelumnya, untuk pasangan calon independen dapat lolos jika sudah memenuhi syarat dukungan sebanyak 407.340 KTP. Pada verifikasi pertama, berkas dukungan pasangan Faisal Basri-Biem Benjamin hanya lolos 206.354 dari 422.938 yang diberikan. Sehingga masih butuh 216.204 dukungan lagi.

Pasangan ini kemudian mengumpulkan lagi sebanyak 381.490 dukungan dan berkurang 10.164 pada saat verifikasi administrasi beberapa waktu lalu. Sehingga tersisa 371.326 dukungan yang harus diverifikasi dulu secara faktual.

Sementara untuk pasangan Hendardji Soepandji-Ahmad Riza Patria, pada verifikasi pertama dukungan yang lolos tercatat 392.501 dari 597.719 dukungan yang dikumpulkan. Sehingga pasangan ini masih harus melengkapi 14.839 dukungan. Selanjutnya, pasangan ini menyerahkan 29.698 dukungan dan berkurang sebanyak 92 suara menjadi 29.606 pada saat verifikasi administrasi. (kc/kim)

 




Berita Terkait: