Rabu, 19 Desember 2018

Headlines:
You are here: NASIONAL Presiden SBY Dijadwalkan Hadiri KTT D-8

Presiden SBY Dijadwalkan Hadiri KTT D-8

400 readings
Surel Cetak PDF

SBY

ANTRIDONG.COM - JAKARTA:  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan menghadiri KTT D-8 di Islamabad pada pekan depan, sekaligus bertemu dengan Presiden dan Perdana Menteri Pakistan dalam rangka kunjungan bilateral ke negara di kawasan Asia Selatan tersebut.


Staf Khusus Presiden bidang hubungan internasional Teuku Faizasyah dalam keterangan pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis, menjelaskan Presiden didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono sebelum bertolak menuju Pakistan dan menghadiri KTT D-8, akan terlebih dahulu menuju Phnom Penh Kamboja untuk menghadiri KTT ASEAN dan KTT Asia Timur.

Pada 22 November 2012, Presiden RI akan menghadiri rangkaian acara KTT D8. Adapun negara-negara anggota D8 meliputi Bangladesh, Indonesia, Iran, Malaysia, Mesir, Nigeria, Pakistan, dan Turki.

"KTT D8 akan membahas lima isu prioritas yang memiliki arti penting bagi Indonesia, yaitu perdagangan, pertanian dan ketahanan pangan, kerja sama industri dan UKM, transportasi, serta energi dan mineral," katanya.

KTT ini akan memajukan kerja sama yang lebih erat di antara kedelapan negara anggotanya, sehingga dapat berkontribusi pada pembangunan nasional masing-masing negara.

Pada 21 November 2012, Presiden RI akan berangkat menuju Pakistan. Setibanya di Islamabad, Presiden RI dijadwalkan menghadiri pertemuan bilateral masing-masing dengan Presiden Pakistan Azif Ali Zardari dan PM Pakistan Raja Pervaiz Ashraf.

"Adapun pertemuan bilateral dengan Presiden dan PM Pakistan akan semakin mendorong kerja sama di antara kedua negara, termasuk di bidang-bidang yang menjadi prioritas Indonesia seperti ketahanan pangan," papar Faizasyah.

Presiden dan rombongan dijadwalkan bertolak menuju Phnom Penh pada Sabtu (17/11) dan akan tiba di Tanah Air pada Jumat (23/11) mendatang.

Dalam rangkaian acara KTT ASEAN tanggal 18-19 November 2012, Presiden RI dijadwalkan untuk menghadiri sesi pleno dan pertemuan dengan ASEAN Business Advisory Council (ABAC).

Presiden RI juga akan menghadiri KTT ASEAN dengan negara-negara mitra wicaranya dan ASEAN Plus Three Commemorative Summit.

Pada 20 November 2012, Presiden RI dijadwalkan menghadiri ASEAN Global Dialogue yang akan dihadiri antara lain oleh Presiden ADB Haruhiko Kuroda, Managing Director IMF Christine Lagarde, Managing Director World Bank Caroline Anstey, Sekjen UNCTAD Supachai Panitchpakdi, dan Dirjen WTO Pascal Lamy.

Selanjutnya, Presiden RI akan menghadiri rangkaian acara KTT Asia Timur (East Asia Summit).

Di sela-sela rangkaian acara KTT ASEAN, Presiden RI juga dijadwalkan melangsungkan pertemuan bilateral, antara lain dengan PM Tiongkok Wen Jia Bao.

"Kehadiran Presiden RI di KTT ASEAN dan rangkaian KTT lainnya menegaskan komitmen Indonesia untuk memastikan kesiapan ASEAN dalam mewujudkan Komunitas ASEAN 2015," katanya.

Ia menambahkan ASEAN merupakan salah satu pilar utama politik luar negeri Indonesia dan partisipasi Presiden RI dalam KTT tersebut akan memperkokoh peran ASEAN dalam memastikan keamanan, stabilitas, dan kemakmuran kawasan. (ant/han)

 




Berita Terkait: