Tahun Depan, Pusat FKUI Dirikan MERC

379 readings
Cetak

ANTRIDONG.COM - JAKARTA:  Medical Education and Research Centre (MERC) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) akan didirikan pada tahun 2013,sebagai pusat riset terdepan di Indonesia, kata Dekan FKUI, Dr. dr. Ratna Sitompul, SpM(K) saat jumpa pers peresmian Laboratorium Terpadu FKUI di Jakarta, Jumat.


"MERC ini didirikan untuk mengembangkan dan memadukan bidang sains dan teknologi medis di Indonesia, menganalisa dan mengatasi risiko perubahan lingkungan yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia serta untuk membangun jaringan kerja dengan pusat-pusat penelitian dalam skala nasional maupun global," ujar Ratna.

Pihak FKUI melalui Ratna, berharap supaya dengan berdirinya MERC nanti, dapat mendorong pemerintah untuk memprioritaskan masalah kesehatan serta merangsang munculnya penelitian medis yang berkualitas.

Pada kesempatan yang sama Manager Riset FKUI, dr. Ponco Birowo, SpU, PhD mengatakan bahwa FKUI kini menuju ke arah terbentuknya Indonesian Medical Research Institute (IMRI) yang akan menjadi rumah inklusif dari perkembangan dan pelaksanaan riset-riset berkualitas dengan standar internasional, yang dihasilkan oleh segenap staf dan peneliti FKUI.

"Kami akan mendirikan MERC-FKUI, dengan dana sekitar 465 juta dolar AS, yang meliputi Medical Research Center dengan 10 kluster riset, Medical Research Facilities yang terdiri dari Biologi Molekular dan Proteomika Inti serta Laboratorium binatang," kata Ponco.

MERC rencananya terbagi dalam dua menara, menara untuk riset dan menara untuk pendidikan FKUI, yang juga dilengkapi dengan aula seluas 360 meter persegi.

Pada paparannya, Ponco juga menjelaskan bahwa MERC berupa gedung kembar yang akan dibangun di kawasan FKUI - RSCM.

"Dinas tata kota unit kepurbakalaan sudah menyetujui proyek ini, sehingga MERC dapat mulai dibangun akhir tahun atau awal tahun depan," ujar Ponco.(ant/kim)

 




Berita Terkait: