Senin, 18 Desember 2017

Headlines:
You are here: HOSPITAL Puskesmas Buka Selama Liburan di Surabaya

Puskesmas Buka Selama Liburan di Surabaya

418 readings
Surel Cetak PDF

ilustrasi

ANTRIDONG.COM - SURABAYA: Layanan kesehatan di sejumlah puskesmas dan rumah sakit milik Pemkot Surabaya akan tetap buka selama libur panjang Tahun Baru 1434 Hijriyah, mulai 15-18 November mendatang.


Kepala Dinas Kesehatan Surabaya, Esty Martiana Rachmi, Rabu, mengatakan, selama libur panjang puskesmas dengan fasilitas rawat inap di rumah sakit tetap beroperasi, meski poli-polinya tutup dikarenakan hari besar.

"Namun, untuk yang sifatnya darurat tetap akan mendapat pelayanan dengan baik. Kalau Sabtu dan Minggu, semua pelayanan puskesmas sudah berjalan seperti biasa," ujar Esty.

Selain puskesmas, semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Surabaya juga diintruksikan untuk siaga selama liburan panjang.

Kepala Kepala Bakesbangpol dan Linmas Kota Surabaya Soemarno mengatakan dalam surat edaran Sekkota Surabaya nomor 850/6221/436.7.6/2012, yang menginstruksikan seluruh kepala SKPD agar menunjuk dan menugaskan staf untuk piket jaga kantor secara bergiliran.

"Soal teknis piket, semua kepala SKPD wajib `stand by` sesuai jadwal yang telah dibuat. Tujuannya, bila terjadi sesuatu ada aparat Pemkot yang sigap," katanya.

Sedangkan untuk masing-masing kantor atau posko, menurut Soemarno, idealnya dijaga 5 sampai 10 orang. "Di kantor kecamatan/kelurahan jumlahnya menyesuaikan, paling tidak harus ada yang siaga," katanya.

Langkah antisipasi ini tidak hanya diterapkan di kantor-kantor pemerintah, tetapi juga di sekolah-sekolah dan fasilitas kesehatan milik Pemkot.

Mengutip surat edaran Sekkota, di situ juga disebutkan bahwa unit-unit pelayanan langsung yang wajib beroperasi, seperti puskesmas, rumah sakit, dan pemadam kebakaran, agar melakukan pengaturan intern selama masa libur, sehingga masyarakat tetap terlayani dengan baik.

Di sisi lain, dalam rangka penegakan disiplin, Inspektorat Kota Surabaya melakukan pengawasan melekat (waskat) kehadiran pegawai, sebelum dan sesudah masa liburan.

"Para kepala SKPD wajib melakukan waskat kepada seluruh jajarannya pada hari Rabu dan Senin, 14 dan 19 November, serta melaporkannya ke Inspektorat dengan tembusan kepada Badan Kepegawaian dan Diklat," kata Inspektur Pemkot Surabaya, Imam Sugondo.(ant/han)

 




Berita Terkait: