Jumat, 22 September 2017

Headlines:
You are here: HOSPITAL PKK Gencarkan Edukasi Ibu Hamil

PKK Gencarkan Edukasi Ibu Hamil

419 readings
Surel Cetak PDF

Ibu Hamil (Ilustrasi)

ANTRIDONG.COM - PONTIANAK: Tim Penggerak PKK Kabupaten Ketapang memberi pelatihan atau edukasi bagi ibu hamil di tingkat kecamatan dengan melibatkan puskesmas dan posyandu setempat.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ketapang, Riniwati Henrikus mengatakan, salah satu program pembangunan kesehatan di Indonesia adalah meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak.

"Terutama pada kelompok rentan kesehatan yaitu ibu hamil, bersalin dan bayi pada masa perinatal," kata Riniwati Henrikus.

Terkait hal itu, Tim Penggerak PKK Kabupaten Ketapang membuka "kelas ibu hamil". Salah satunya di wilayah kerja Puskemas Kedondong, Posyandu Kesuma Hati, Desa Paya Kumang.

Menurut dia, kelas edukasi ibu hamil merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil dalam bentuk tatap muka dalam kelompok.

Sasaran kelas ibu hamil meliputi kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 20 minggu sampai dengan 32 minggu dengan jumlah peserta maksimal 10 orang.

"Kelas ini untuk meningkatkan pengetahuan, mengubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nipas, KB pascapersalinan, perawatan bayi baru lahir," ujar dia.

Selain itu juga pemahaman mengenai mitos atau kepercayaan dan adat istiadat setempat terkait perawatan bayi termasuk juga membahas penyakit menular dan akte kelahiran.

Diharapkan pula terjadi interaksi dan berbagi pengalaman antara ibu hamil dengan petugas kesehatan atau bidan.

"Semoga semua ibu hamil mendapat pelayanan atau pemeriksaan oleh tenaga kesehatan atau bidan serta pada waktu melahirkan ditolong oleh bidan di institusi kesehatan," ujar dia.(ant/kim)




Berita Terkait: