Senin, 18 Desember 2017

Headlines:
You are here: EDUKASI Seluruh Guru di Kalteng Diwajibkan Buat Karya Tulis

Seluruh Guru di Kalteng Diwajibkan Buat Karya Tulis

422 readings
Surel Cetak PDF

ANTRIDONG.COM, Buntok, Kalteng: Guru sekolah dasar (SD) yang ingin mengembangkan profesi, seluruh guru di Kabupaten Barito, Kalimantan Tengah melakukan pelatihan karya tulis ilmiah sebagai salah satu syaratnya.

"Hal ini sangat penting, karena berhubungan dengan kenaikan pangkat," kata Kepala Balai Bahasa Kalteng, Sumadi, M. Hum, pada acara pelatihan penyusunan karya ilmiah guru SD dan Uji Kemahiran berbahasa Indonesia (UKBI) guru se Barsel, di Buntok, Kamis (14/11/2013).


Dikatakannya, pembuatan karya tulis ini pada tahun 2014 mendatang akan diterapkan sebagai salah satu syarat untuk kenaikan pangkat guru dari golongan III B ke golongan III C.

"Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para guru SD dapat membuat karya tulis ilmiah sehingga kompetensinya dapat lebih meningkat lagi," harap Sumadi.

Disampaikannya, selain melaksanakan pelatihan karya tulis ilmiah, pihaknya juga dalam melaksanakan uji kemahiran berbahasa Indonesia (UKBI) untuk guru-guru SMP dan SMA.

"Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar mengingat guru bahasa Indonesia harus memiliki kompetensi," ungkapnya.(

Ia menjelaskan, hasil tes UKBI ini nantinya para guru akan diberikan penilaian dan predikat seperti untuk nilai terbaik satu sampai tujuh akan mendapat predikat istimewa.

"Kemudian terbaik selanjutnya akan mendapat predikat sangat unggul, predikat madia, marginal dan guru yang nilainya paling akhir akan mendapat predikat terbatas," jelas Sumadi.

Acara pelatihan penyusunan karya ilmiah guru SD dan Uji Kemahiran berbahasa Indonesia (UKBI) guru SMP dan SMA se Barsel tersebut berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 12 sampai tanggal 14 November 2013.(ant)




Berita Terkait: