Senin, 18 Desember 2017

Headlines:
You are here: EDUKASI Rektor Universitas PGRI Palangka Raya Terima Penghargaan Top Leader Achievemant

Rektor Universitas PGRI Palangka Raya Terima Penghargaan Top Leader Achievemant

748 readings
Surel Cetak PDF

ANTRIDONG.COM -  JAKARTA: Rektor Universitas PGRI Palangka Raya, Kalimantan Tengah Dr. H. Suriansyah Murhaini, SH, MH, meraih penghargaan ‘The Top Leader Achievemant Awards 2014,’ dari Lembaga Anugerah Prestasi Insani Jakarta. baru-baru ini.


Penghargaan tersebut diberikan kepada Suriansyah, karena dinilai berhasil mengembangkan Universitas PGRI Palangka Raya, dalam kepemimpinannya sebagai Rektor selama ini. Selain turut merintis berdirinya Fakultas Hukum di institusi ini, Suriansyah juga banyak melakukan gebrakan dalam kegiatan-kegiatan kampus, termasuk mengikutsertakan para mahasiswa dalam berbagai lomba Porseni (Pekan Olahraga dan Seni) Mahasiswa se Indonesia.

Prestasinya dalam menangani perguruan tinggi sebenarnya sudah terlihat, ketika ia masih aktif di Universitas Palangka Raya (Unpar) puluhan tahun lalu. Di universitas inipun, Suriansyah juga merintis Fakultas Hukum, dan sempat menjadi Dekan. Sementara, Unpar sekarang ini merupakan perguruan tinggi Negeri yang sangat eksis dan bergengsi di wilayah Kalimantan.

Tentu, dalam proses perintisannya begitu banyak yang harus dipersiapkan. Mulai dari misalnya: satuan acara perkuliahan, klasifikasi dosen, administrasi akademik, dan lain sebagainya. Disinilah salah satu barometer kemampuan intelektual dan manajemennya diuji. Bahkan tak lama kemudian, Suriansyahpun sempat menjadi Dekan disana. Kepemimpinannya di Fakultas ini merupakan prestasi yang sangat strategis, karena mewujudkan dari yang belum ada menjadi ada.

Sementara itu, di Universitas PGRI Palangka Raya, Suriansyahpun turut merintis berdirinya sejak tahun 1986. Dan sebelum jadi Rektor, ia pernah menjadi Dekan Fakultas Hukum. Belakangan ini, Unversitas PGRI Palangka Raya, dibawah Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi (YLPT-PT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kalimantan Tengah, mendapat izin dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk membuka program studi baru, bidang Ilmu Politik (Fakultas Sosial Politik). Dan program studi ini baru satu-satunya program yang ada, diantara perguruan tinggi di wilayah Kalimantan.

Selama menjadi Rektor, pria yang meraih gelar Doktor (S-3) bidang Ilmu Hukum dari Universitas Merdeka Malang inipun makin membawa Universitas PGRI Palangkaraya ke arah yang lebih progresif. Selain sudah ribuan lulusan telah diwisuda, dalam 14 kali masa wisuda sejak berdirinya insititusi ini, dalam waktu dekat akan mendukung pembangunan kampus bertingkat bersama pihak Yayasan . Adapun fakultas yang ada sekarang ini adalah: Fakultas Pertanian; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik; dan Fakultas Hukum, dengan beberapa program studi.

Sebab itu, Lembaga Anugerah Prestasi Insani (L- API) dibawah naungan Yayasan Anugerah Prestasi Insani (YAPI), sebagai lembaga independen mitra pemerintah, yang menilai sekaligus memberikan penghargaan, memutuskan untuk memberikan penghargaan terhadap Suriansyah dan beberapa tokoh lainnya.

Ada 85 tokoh yang terjaring sejak awal, kemudian 52 tokoh terseleksi pada tahap berikutnya, dan akhirnya ada 45 tokoh yang berhasil meraih penghargaan. Sebagian tokoh ini memperoleh penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia, sebagai mitra Lembaga API.

Bersama Surianyah juga diberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh lainnya, seperti: Wakil Walikota Lampung; Wakil Bupati Donggala, Wakil Ketua DPRD Pelalawan; Ketua Tim penggerak PKK/ Isteri Walikota Mataram; dan tokoh daerah lainnya.

Penghargaan yang diberikan berupa tropi, sertifikat pigura dan lencana, yang diserahkan oleh Ketua Dewan Pembina Lembaga API, Prof. DR. H. B Katili, MM dan Chairman, Danny PH Siagian, SE, MBA, MM, didampingi Ketua Pelaksana, Moody J. Prang, SE.

Menanggapi penghargaan yang diberikan ini, Suriansyah mengatakan, ini merupakan sebuah pengakuan, dan akan menjadikannya sebagai motivasi baru ke depan.

“Ya, menurut saya, penghargaan ini merupakan sebuah pengakuan atas karya kita sebelumnya. Tentu, ini akan menjadi motivasi baru bagi kita, dalam melanjutkan karya dan pengabdian untuk bangsa dan negara ke depan ini,” ungkap Suriansyah usai menerima penghargaan.

Acara ‘Night Awards’ tersebut dilangsungkan di The Grand Ballroom Hotel Lumire, Jakarta Pusat, Jum’at (25/04/2014). Sementara para penerima penghargaan dihibur oleh penyanyi kondang tahun 80-an, Anita Caroline Muhede, yang juga pernah meraih piala citra bintang film remaja waktu itu.

Sebagai catatan, Suriansyah juga pernah menerima penghargaan dari Polda Kalimantan Tengah, atas kinerja mereka yang membantu tugas Kepolisian. Dari 29 orang yang diberi penghargaan oleh Kapolda, 27 diantaranya anggota polisi dan PNS Polri, serta 2 masyarakat umum. Salah satu dari masyarakat umum itu adalah Dr. Suriansyah Murhaini, SH, MH dalam kapasitasnya sebagai Rektor Universitas PGRI Palangka Raya. (JON/DANS)




Berita Terkait: