Senin, 23 April 2018

Headlines:
You are here: EDUKASI 27 Koperasi Mahasiswa Ikuti Olimpiade Koperasi Nasional di UGM

27 Koperasi Mahasiswa Ikuti Olimpiade Koperasi Nasional di UGM

378 readings
Surel Cetak PDF

UGM

ANTRIDONG.COM - YOGYAKARTA: Sebanyak 27 koperasi mahasiswa se-Indonesia akan mengikuti Olimpiade Koperasi Nasional di Universitas Gadjah Mada (UGM)Yogyakarta, 16-18 November 2012.


"Masing-masing koperasi mahasiswa (kopma) akan mengirimkan tiga peserta untuk ikut tiga kategori lomba, yakni pemasaran produk, cerdas cermat koperasi, dan debat koperasi," kata Koordinator Humas Kopma UGM Fajar Kurniawan di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia Olimpiade Koperasi Nasional bertujuan untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam gerakan berkoperasi sekaligus meningkatkan komunikasi dan saling berbagi pengalaman antarkopma.

"Komunikasi antarkopma belum berjalan efektif. Olimpiade Koperasi Nasional sebagai batu loncatan untuk menghidupkan gerakan koperasi yang sudah ada," katanya.

Ia mengatakan tidak semua kopma di perguruan tinggi bisa berkembang dan menghasilkan insan pegiat koperasi yang andal di tengah masyarakat.

"Tidak adanya komitmen pimpinan perguruan tinggi dan minimnya minat mahasiswa menjadi beberapa kopma mati suri," katanya.

Menurut dia dukungan pihak kampus masih sangat kurang. Bahkan masih ada persepsi kopma itu sebagai unit usaha padahal menjadi tempat pengembangan "softskill".

"Beberapa kopma yang mengikuti kompetisi itu antara lain Kopma Kanjuruhan Malang, Kopma Universitas Andalas Padang, Kopma Univeritas Hasanudin Makassar, Kopma Universitas Bengkulu, dan Kopma Universitas Negeri Jakarta," katanya.

Ditanya tentang kondisi Kopma UGM, ia mengatakan, Kopma UGM saat ini memiliki lebih dari 1.000 anggota aktif.

"Kopma UGM mengelola usaha dengan omzet senilai Rp13 miliar setiap tahun dari beberapa unit usaha di antaranya swalayan, konveksi, warpostel, dan kafe," katanya. (ant/kim)

 




Berita Terkait: